GOAL 25 2017: #11 Osvaldo Haay



Debut di kompetisi resmi dengan hasil cukup memuaskan mengantarkan Valdo ke petualangan baru di tahun 2018.


OLEH   DONNY AFRONI


Sorotan pendukung Persipura Jayapura langsung tertuju kepada Osvaldo Haay ketika Liga 1 2017 mulai digulirkan setelah memperlihatkan performa mengesankan sepanjang 2016. Liga 1 menjadi debut Osvaldo di kompetisi resmi kasta tertinggi di Indonesia.

Pemain muda ini menjadi harapan Persipura untuk turut melambungkan tim. Osvaldo mengawali debutnya sebagai starter ketika menjamu Persegres Gresik United pada 18 April. Namun debut itu tidak membuahkan hasil manis, karena Persipura bermain imbang 1-1 di hadapan pendukungnya.

Kendati demikian, performa pemain yang akrab disapa Valdo ini tidak mengecewakan. Pelatih Persipura kala itu, Liestiadi, menilai permainan Valdo akan meningkat seiring bertambahnya jam terbang di kompetisi resmi.

Osvaldo Haay - Persipura Jayapura

“Osvaldo Haay baru 19 tahun, dia sudah bermain baik. Apalagi ini merupakan pertandingan pertama di hadapan penonton tuan rumah dengan laga besar,” kata Liestiadi.

“Saya percaya, dengan banyak diturunkan pelatih, pasti saya bisa memperbaikinya, karena Persipura adalah tim. Kami harus bermain sebagai tim,” kata Valdo.

Seperti umumnya pemain dari Papua, Valdo memiliki talenta dan bakat yang menonjol. Pemain yang mengidolai pebalap Valentino Rossi ini memiliki kecepatan luar biasa dengan posisinya sebagai winger. Bahkan Valdo disebut sebagai The Next Boaz Solossa.

 

“Masih terlalu jauh kalau saya disebut sebagai The Next Boaz Solossa. Kakak Boaz punya segalanya. Sangat sulit untuk menyamai [capaian] kakak Boaz. Saya justru bersyukur karena bisa bermain di tim yang sama dengan kakak Boaz,” imbuh pemain dengan tinggi 154 centimeter ini.

Total Valdo tampil di 22 pertandingan Persipura, serta mencetak enam gol dan dua assists. Namun gol perdana Valdo di kompetisi resmi baru dicetak pada 17 September 2017 ketika mengalahkan Persiba Balikpapan. Hal itu disebabkan pemain kelahiran 17 Mei 1998 ini lebih banyak berkutat di timnas Indonesia.

Ya, 2017 benar-benar menjadi tahun istimewa bagi Valdo, karena ia juga memulai debutnya bersama timnas Indonesia dalam pertandingan uji coba melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Bogor, pada 21 Maret.

Osvaldo Haay - Indonesia

Kala itu, Valdo menjadi satu-satunya pemain asal Papua yang dipanggil untuk uji coba ini. Valdo memulai debutnya ketika masuk menggantikan Saddil Ramdani pada menit ke-72. Sayangnya, debut Valdo tidak berjalan mulus, karena timnas Indonesia menelan kekalahan 3-1.

Pemain yang lahir dari ayah asli Papua dan ibu berdarah Jawa ini mencetak gol perdananya bersama timnas Indonesia U-22 ketika menggasak Mongolia di kualifikasi Piala Asia U-23 pada 21 Juli. Sedangkan untuk timnas senior, ia juga melesakkannya ke gawang Mongolia di ajang Aceh World Solidarity Cup pada 4 Desember.

“Saya selalu siap bila dipanggil. Tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi saya membela timnas Indonesia, tapi semua tergantung kepada pelatih,” ucap Valdo.

Performa sepanjang 2017 itu juga yang membuat Valdo direkrut tim promosi Liga 1 2018 Persebaya Surabaya. Valdo pun berharap mendapatkan prestasi lebih baik lagi di musim ini.

 

Pencapaian dalam hidup dimulai dari satu langkah. Untuk menjadi yang terbaik dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan sikap tanggung jawab yang besar. Tahun 2018 merupakan tahun penting bagi sepakbola Indonesia dengan target tinggi pada berbagai ajang besar. Ini saatnya mewujudkan mimpi besar itu bersama CLEAR. Ayo, Indonesia bisa! #AyoIndonesiaBisa #PakaiKepalaDingin #CLEAR #BebasKetombe



Source link

Previous Zlatan Ibrahimovic transfer news: Mourinho expects Ibra to leave Man Utd
Next Transfer news & rumours LIVE: Koscielny breaks down in Arsenal crisis talks

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *